Pages

Senin, 19 September 2011

PUBLIC RELATION (MATERI 2)

PUBLIC RELATIONS

Organisasi merupakan suatu kerangka karya dari suatu proses manajemen yang menunjukan adanya pembagian tugas, kewajiban dan peran yang jelas bagi para personelnya. Artinya ada 3 Kasifikasi yang terkandung dalam suatu organisasi yaitu :

  1. Ada yang Memimpin (Leadership)
  2. Ada beberapa orang yang harus di pimpin dalam suatu manajemen organisasi untuk mencapai tujuan tertentu, dan
  3. Bagaimana bentuk pelaksanaan komunikasinya dan upaya membangun & membina hubungan baik dalam organisasi tersebut dengan pihak publiknya.

Namun, Klasifikasi Public Relations memang di kelompokan namun dalam Era Globalisasi saat ini Public Relations sudah tidak lagi di klasifikasikan, sehingga pengklasifikasian humas kini di hilangkan.

Terdapat 5 Persyaratan mendasar bagi bagi seorang yang beroperasi public relations, yang di kemukakan Jefkins (1988) yaitu :
  1. Ability to Communicate
    Kemampuan berkomunikasi dengan aneka ragam orang yang berwatak berbeda-beda.
    Terdapat dua komunikasi yaitu Komunikasi verbal dan komunikasi non verbal.
    Komunikasi Verbal yaitu proses komunikasi dimana pesan disampaikan dengan terucap dan tertulis.
    Komunikasi non verbal yaitu proses komunikasi dimana pesan tidak menggunakan kata-kata namun menggunakan gerak isyarat, bahasa tubuh, kontak mata, ekspresi wajah.
  2. Ability to Organize
    Kemampuan untuk mengorganisasikan dan membuat seorang public relations selalu berpikir, membuat rencana, membuat laporan, dan mengevaluasi setiap program yang di jalani, menyusun rencana kegiatan dan melaksanakan kegiatannya.
  3. Ability to Get On With People
  4. Personal Integrity
    Kejujuran harus tetap melandasi seorang menjadi profesi apapun.
  5. Imagination
    Mempunyai ide-ide, kreativitas, dan penuh gagasan.
Adapun kegiatan Humas, yaitu :
  1. Menyusun serta mendistribusikan sajian berita (news release), foto-foto dan berbagai artikel untuk konsumsi media massa.
  2. Menjalankan fungsi sebagai penyedia informasi bagi pihak media massa.
  3. Mengorganisasikan konverensi pers.
  4. Acara Kunjungan kalangan media massa ke lembaga.
  5. Melaksanakan fungsi fotografi dan membentuk sebuah perpustakaan foto.
  6. Mengatur acara wawancara antara kalangan pers, radio, dan televisi dengan pihak manajemen.
  7. Menyunting atau memproduksi pihak majalah atau surat kabar internal.
  8. Mengelola berbagai bentuk komunikasi internal lainnya seperti video, presentasi slide, majalah dinding dan sebagainya.
  9. Menyunting serta memproduksi jurnal-jurnal eksternal untuk konsumsi pihak luar.
  10. Menulis dan membuat bahan-bahan cetak seperti lembaran informasi
  11. Mengadakan dan mengelola berbagai bentuk instrumental audio visual.
  12. Presentasi slide, rekaman video, melaksanakan distribusi, penyusunan katalog, pameran serta pemeliharaannya.
  13. Memimpin dan mengaturacara-acara pameran dan eksibisi humas.
  14. Menciptakan dan memelihara berbagai bentuk identitas lembaga dan ciri khas nya.
  15. Mengelola berbagai hal yang berkaitan dengan sponsor humas.
  16. Mengelola hal-hal seperti kunjungan pihak luar lembaga atau sebaliknya, kunjungan instansi humas ke tempat-tempat lain.
  17. Mengatur jadwal penerbngan atau pelayarannya, akomodasi tour dan sebagainya.
  18. Mengikuti rapat-rapat penting yang di selenggarakan oleh pimpinan puncak dan pimpinan bagian, mengikuti konverensi yang di selenggarakan pihak luar mewakili lembaga dalam pertmuan antar lembaga.
  19. Melatih segenap staf humas
  20. Mengelola survei-survei pendapat atau berbagai macam penelitian lainnya.
  21. Menjalin hubungan dekat dengan politisi dan birokrat, termasuk dengan parlemen.
  22. Mengatur acara-acara resmi
  23. Aktif dalam acara-acara pemberian penghargaan
  24. Mengatur segala kunjungan dari pejabat, tamu kehormatan, maupun tokoh-tokoh asing.
  25. Menganalisis umpan balik dengan berbagai laporan termasuk yang berhubungan dengan tingkat kemajuan pencapaian tujuan yang sudah di raih.
Selain itu terdapat kegiatan pokok Public Relations, di antara nya sebagai berikut :
  • Mengevaluasi sikap atau opini publik.
  • Mengidentifikasi kebijakan & prosedur organisasi dengan kepentingan publiknya.
  • Merencanakan & melaksanakan penggiatan aktifitas humas.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar